Lampung, 20 Juli 2024- Perkumpulan Dosen Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Indonesia (PD-PGMI Indonesia) dalam rangka sinkronisasi pemutakhiran secara Nasional maka dalam rangka peran penting Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) menghasilkan guru kelas untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) mengadakan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-10 yang diselenggarakan di UIN Raden Intan Lampung pada 18-20 Juli 2024. Mukernas untuk menyempurnakan kurikulum yang berbasis Outcome Based Education (OBE) sesuai dengan Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023.
PGMI UIN Raden Mas Surakarta di Mukernas ikut peran aktif dalam Mukernas ke -10, pelaksanaan dengan tiga kali sesi : Pra Mukernas (secara Online), Kegiatan Mukernas di UIN Raden Intan Lampung) dan Pasca Mukernas ( Secara Online). Pra Mukernas secara Online dengan merumuskan Draft Kurikulum OBE, kemudian ditindaklanjuti pada Musyawarah Kerja bersama di saat Mukernas di UIN Raden Intan Lampung pada 18-20 Juli 2024 , dan Pasca Mukernas dengan finalisasi Kurikulum OBE berdasarkan rumpun keilmuan Pendidikan Dasar. Adapaun kegiatan Mukernas di UIN Raden Intan Lampung pada 18-20 Juli 2024 medelegasikan bapak Dr. Syamsul Huda Rohmadi, M.Ag (sebagai Pengurus Nasional PD-PGMI sekaligus dosen PGMI UIN Raden Mas Said Surakarta). Pra dan pasca Mukernas Dosen-dosen PGMI UIN Raden Mas Said Surakarta ikut aktif dalam perumusan rumpun keilmuan di Pendidikan Dasar (MI/SD) pendistribusi dosen sesuai dengan keilmuan dikoordinasi oleh Koordinator Prodi PGMI UIN Raden Mas Said Surakarta ibu Kustiarini, M.Pd (Sekaligus Pengurus Wilayah PD-PGMI).
Selama Mukernas, para peserta berhasil mencapai kesepakatan penting mengenai penetapan nama mata kuliah inti keilmuan secara nasional untuk Program Sarjana PGMI, dengan total 26 mata kuliah yang terdaftar yaitu: Konsep Dasar Matematika, Matematika MI/SD, Pembelajaran Matematika MI/SD, Konsep Dasar IPA MI/SD, IPA MI/SD, Pembelajaran IPA MI/SD, Konsep Dasar IPS, Materi IPS MI/SD, Pembelajaran IPS MI/SD, Konsep Dasar PKn, Materi PKn MI/SD, Pembelajaran PKn MI/SD, Keterampilan Berbahasa dan Kesusastraan Indonesia MI/SD, Pembelajaran Bahasa Indonesia MI/SD, Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi MI/SD, Pembelajaran Pendidikan Jasmani MI/SD, Pembelajaran Seni dan Budaya MI/SD, Pembelajaran Prakarya MI/SD, Perkembangan Peserta Didik MI/SD, Strategi Pembelajaran MI/SD, Perencanaan Pembelajaran MI/SD, Pembelajaran Tematik, Evaluasi Pembelajaran MI/SD, Telaah Kurikulum MI/SD, Kepramukaan, dan Media Pembelajaran MI/SD. Penetapan ini tertuang dalam Surat Keputusan Pengurus Pusat PD-PGMI Indonesia Nomor: 003/PD-PGMI/SK/VII/2024. Keputusan ini menegaskan bahwa esensi keilmuan Prodi PGMI sejalan dengan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), yang sama-sama bertujuan menghasilkan calon guru kelas yang kompeten di MI/SD.
Secara keilmuan, Prodi PGMI merupakan bagian dari rumpun ilmu terapan, di bawah pohon ilmu pendidikan. Dalam struktur keilmuan ini, Prodi PGMI berada pada cabang yang sama dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), yang menegaskan posisi strategis Prodi PGMI dalam konteks pendidikan dasar di Indonesia. Identitas ini semakin mengukuhkan PGMI sebagai program studi yang memiliki landasan keilmuan yang kuat dan relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan dasar.
Pengakuan Prodi PGMI sebagai bagian dari rumpun ilmu terapan juga mengindikasikan bahwa Prodi ini bukan bagian dari rumpun ilmu agama, meskipun ia berada di bawah naungan Kementerian Agama atau Fakultas Agama Islam. Hal ini penting dalam pengembangan kurikulum dan karir dosen, sekaligus memastikan lulusan PGMI memiliki kompetensi yang setara dengan lulusan PGSD dalam mengajar di MI maupun SD.
Mukernas PD-PGMI yang ke-10 di Lampung ini tidak hanya menjadi ajang pertemuan rutin, tetapi juga sebagai sarana strategis untuk memperkuat identitas dan arah pengembangan Prodi PGMI di masa mendatang, sejalan dengan dinamika kebutuhan pendidikan dasar di Indonesia.
Kegiatan Mukernas ke-10 dan Seminar Nasional PD-PGMI ini diharapkan akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran di program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di seluruh Indonesia. (shr)